Parenting Seminar Banjarmasin Oleh Dancow Parenting Center

March 27, 2017

Tepat pada tanggal 25 Maret 2017 DANCOW Parenting Center mengadakan acara Parenting Seminar dengan pakar Nutrisi dan tumbuh kembang si kecil di Banjarmasin Tepatnya di Hotel Golden Tulip Galaxy. Saya berkesempatan hadir pada acara seminar tersebut dan meliputnya, yaah.. walaupun saya belum memiliki buah hati, ga ada salahnya kan kalau belajar sambil mempersiapkan diri menjadi orang tua yang baik dan mengerti segala apa yang diperlukan untuk tumbuh kembang, dan nutrisi yang diperlukan si kecil kelak hehe

Parenting Seminar ini menghadirkan para pakar Nutrisi dan Orang-orang yang ahli dibidangnya, ga ketinggalan Bunda Shahnaz Haque sebagai moderator loh.. yang bikin tambah seru seminar ini, Bunda Shahnaz Haque juga mengajak salah satu Buah Hatinya yang hobi nge-drum loh bunda..

Peserta yang ikut banyak banget, ga cuma bunda-bunda, tapi ayah-ayah juga banyak hihihi, memang belajar parenting kan ga cuma buat bunda aja tapi para ayah juga harus belajar.. biar seimbang gitu :D

Sebelum memasuki tempat acara, para Bunda diharuskan untuk registrasi terlebih dahulu, setelah selesai registrasi kita akan mendapatkan tiket masuk, sekalian tiket makan siang, hand painting, snack, dan goodie bag.
Sementara bunda-bunda dan para ayah mengikuti Parenting Seminar, diluar juga disediakan loh Playground/Station Kids untuk si kecil, biar mereka ga bosen dan bisa bertemu serta berinteraksi dengan teman-teman sebayanya, disana juga ada kakak-kakak yang siap sedia mendampingi si kecil bermain serta menggambar, jadi mereka aman bunda.










Acara dibuka sekitar pukul 09.00 WITA oleh bunda Shahnaz Haque yang menjelaskan tentang Pola Asuh, Stimulasi dan Tumbuh Kembang si kecil. Kemudian dilanjutkan pemaparan oleh para ahli :

1. Dr. dr. Rini Sekartini, Sp(A)k

Beliau menjelaskan tentang bagaimana pola makan yang baik dan sehat untuk menunjang tumbuh kembang si kecil dalam masa pertumbuhan, biasanya dengan pola makan 5-6 kali sehari, yaitu ; Breakfast, Morning Snack, Lunch, Afternoon Snack, Dinner, dan Evening Snack. Tentunya asupan makanan yang diberikan adalah makanan sehat, yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi seperti buah-buahan dan sayur. Bunda dapat mengkreasikan buah/sayur menjadi macam-macam olahan yang menarik jika biasanya si kecil kurang menyukai makan buah/sayur, sehingga asupan nutrisi si kecil tetap terpenuhi.

2. Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S. Psi,. Psi

Bunda Vera menjelaskan, agar si kecil memiliki tumbuh kembang yang optimal maka si kecil harus mendapatkan 3 hal penting, yaitu ; Cinta, Stimulasi, dan Nutrisi. Bunda Vera juga mengajak para bunda untuk STOP CEMAS & KATAKAN "IYA BOLEH" kepada si kecil, bunda diperbolehkan cemas/khawatir asal tidak berlebihan, bunda harusnya mengarahkan rasa cemas untuk amankan si kecil bukan untuk membatasi si kecil, karena pada saat si kecil jatuh = kesempatan belajar agar tidak jatuh.
Bentuk dukungan bunda terhadap eksplorasi si kecil dapat dari DALAM dan dari LUAR, yaitu;
- Dari Dalam : Memberikan Perlindungan dengan Nutrisi seimbang.
- Dari Luar : Kenali aktivitas untuk kenali bahaya secara objektif, memastikan safety dan childproof, mencontohkan si kecil melakukan dengan benar/aman, menyampaikan batasan dan resiko pada si kecil.
Kepercayaan Ayah dan Bunda untuk berkata "IYA BOLEH" adalah kunci untuk dukung eksplorasinya.
Adapun beberapa manfaat Eksplorasi  yang dipaparkan oleh bunda Vera, yaitu;
- Kemampuan Atensi
- Kemampuan Memori
- Kemampuan Psikomotorik
- Kemampuan Penyelesaian Masalah
- Kemampuan Bahasa
Yang mana hal tersebut diatas merupakan cakupan dari kemampuan kognitif si kecil.

3. Sari Sunda Bulan, AMG.

Bunda Sari Sunda Bulan menjelaskan beberapa fakta tentang pertumbuhan si kecil, asupan nutrisi apa saja yang diperlukan pada masa pertumbuhan, serta perlindungan yang dibutuhkan oleh si kecil. Pada masa pertumbuhan, si kecil memerlukan banyak nutrisi untuk perkembangan nya, seperti Zat Besi, Vitamin C, Vitamin A, dan Asam Folat. Perlindungan si kecil sebagai fondasi untuk proses belajar dan pertumbuhan fisik, faktanya 80% daya tahan tubuh terdapat pada saluran cerna dan Dominasi Bakteri baik di saluran cerna dapat mendukung Daya Tahan Tubuh si kecil. Maka dari itu, DANCOW mengeluarkan Inovasi baru DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+, Susu Pertumbuhan dengan lebih dari 3X Lactobacillus rhmanosus di bandingkan produk sebelumnya, Karena visi dari DANCOW adalah: Menjadi mitra yang terpercaya untuk tumbuh kembang si kecil.
DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+ juga diperkaya dengan Sumber Serat Pangan (Inulin), Tinggi Vitamin A,C,E, Selenium & Zink, Serta Minyak Ikan (Omega 3 & Omega 6).

Ilmu-ilmu seperti ini bagi saya sangat bermanfaat sebelum menjadi orang tua, ilmu seperti ini tuh ga ada sekolahnya, yakan? 
Ohya, bunda dapat mendownload aplikasi StimuLearn di Playstore atau App Store juga, bagi yang belum tau, StimuLearn adalah program belajar interaktif melalui permainan online dan offline yang didesain untuk Bunda dan si kecil oleh Nestle Research Centre dan ASQ (Ages and Stages Questionnaire), spesialis perkembangan kognitif anak dari University of Oregon. Melalui mobile application StimuLearn, bunda dapat mengembangkan 5 Kemampuan Kognitif Penting si kecil yaitu kemampuan berbahasa, daya ingat, konsentrasi, pemecahan masalah dan psikomotor.

Selain pemaparan dari para ahli di atas, dalam Parenting Seminar tersebut juga diadakan games seru, yaitu bunda Shahnaz Haque beserta putrinya membacakan beberapa pertanyaan kepada peserta seminar, bagi yang lebih dulu dan tepat menjawab akan mendapatkan hadiah. 

Peserta seminar juga dapat mengajukan pertanyaan kepada para ahli sekitar masalah parenting, seperti pada gambar dibawah.. hehe ga cuma bunda-bunda yang antusias bertanya, tetapi para ayah pun ikut berkontribusi loh hehe seru ya..
Tidak hanya itu, ayah dan bunda juga di ajarkan bagaimana cara membuat susu yang benar untuk si kecil. Tuangkanlah terlebih dahulu air hangat kedalam gelas baru kemudian masukkan susu nya, ingat loh bunda.. air hangat.. jangan air panas, kalau bunda menggunakan air panas, maka bakteri baiknya Wassalam semua hehehe









Dari Parenting Seminar tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa setiap orang tua pasti ingin melakukan yang terbaik untuk buah hati mereka. Agar tumbuh kembang si kecil optimal, maka dari itu yuk bunda, Lindungi si Petualang Kecil dengan memberikan asupan gizi dan Nutrisi yang seimbang dan Bunda, jangan takut katakan "IYA BOLEH" untuk eksplorasi si kecil.

You Might Also Like

3 komentar

  1. sayang nya kemaren berhalangan hadir , hiksss pdhl bisa ketemu kalian

    www.dinalangkar.com

    ReplyDelete
  2. @Dina : huhu jaka tida rami am tetamu lah

    ReplyDelete
  3. Borong ilmu disini, nggak rugiii :D

    ReplyDelete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^